Sepak Bola

Gol lewat Bola Fair Play, Sah atau Tidak?

CELAHKOTA.COM – Dalam sepak bola, ada sebuah bentuk fair play di mana saat ada pemain cedera dan tergeletak di lapangan, tim yang sedang menguasai bola harus menendang keluar bola tersebut dengan maksud agar pemain yang cedera mendapat perawatan.

Sebagai gantinya, saat pertandingan dimulai lagi, bola harus dikembalikan kepada tim yang menguasai bola sebelum pertandingan dihentikan. Namun yang terjadi saat proses fair play tersebut justru merugikan tim yang menginisiasinya dan berujung kebobolan? Hal tersebut terjadi di pertandingan divisi kelima Liga Inggris antara Braintree Town melawan Guiseley.

Saat itu, memasuki babak kedua, Braintree sedang melakukan serangan balik. Ketika melakukan serangan balik, salah satu pemain Braintree mengalami cedera dan akhirnya bola pun ditendang keluar oleh gelandang Braintree.

Sebagai bentuk fair play, gelandang Guiseley, Olli Nurburn, menendang bola ke arah gawang Braintree yang dijaga oleh Tom King. Hanya saja, bola yang ditendang oleh Nurburn tak terjangkau oleh Tom King dan akhirnya masuk ke gawang.

Merasa gol tersebut terjadi saat proses fair play, pemain Braintree meminta wasit untuk dilakukan tendangan gawang dan pertandingan dilanjutkan. Tak sepaham dengan hal itu, pemain Guiseley merasa gol tersebut adalah sah karena beranggapan kiper Braintree sengaja tidak menangkap bola.

Situasi sempat memanas saat pemain Braintree dan Guiseley mengerubungi wasit. Kejadian unik ini memaksa sang pengadil untuk berdiskusi dengan hakim garis dan akhirnya diputuskan gol itu sah.

“Saya melihat kiper (Tom King) berusaha menggapai bola dengan tangannya. Namun dia malah membiarkan bola masuk ke gawangnya. Itu adalah situasi yang sulit buat kami. Hal ini pasti akan menarik perhatian karena itu adalah situasi yang tidak menyenangkan, baik untuk kami ataupun untuk tim tamu (Braintree Town),” ujar manajer Guiseley, Mark Bower, seperti dilansir dari ESPN FC.

Kendati begitu, pertandingan tetap dilanjutkan tanpa kericuhan berarti dan berakhir dengan skor seri satu sama.

Komentar gratis klik di sini

Tinggalkan pesan

Pilihan

Ke atas