dki
Ragam

Indahnya Berargumen Lewat ‘Meme’

Meme Pilkada DKI Jakarta (sumber: Istimewa)

CELAHKOTA.COM – Suhu politik yang semakin memanas seiring dengan masa kampanye Pilkada Jakarta belakangan ini membuat ranah media sosial menjadi ramai. Orasi politik, debat kusir, hingga hujatan kerap mewarnai isi timeline media sosial.

Namun dibalik itu semua, kadang terselip ekspresi jenaka yang tertuang lewat gambar-gambar lucu atau biasa disebut meme. Meme-meme jenaka itu terbukti mampu menyejukan suhu politik yang kian memanas.

Dalam konteks Pilkada DKI Jakarta yang mempunyai tensi cukup tinggi misalnya, tak satupun calon Gubernur lolos dari ‘jeratan’ meme. Lihat saja beberapa meme di bawah ini, alih-alih menyinggung perasaan, gambar-gambar jenaka ini justru malah merangsang kreatifitas kita.

Ahok Ogah Cuti

(sumber: istimewa)

(sumber: istimewa)

Dalam meme ini netizen – warga dunia maya – menyinggung pernyataan dan keputusan Ahok yang dinilai plin-plan.

Atas Ijin Bapak

(sumber: istimewa)

(sumber: istimewa)

Meme bernada sindiran ini ditujukan kepada mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan putranya yang mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Tak ubahnya seperti meme Ahok di atas, netizen menyinggung sikap SBY yang plin-plan.

Semua Karena Jasa Foke

(sumber: Istimewa)

(sumber: istimewa)

Akibat pernyataannya tersebut, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang kini mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta ini menjadi bulan-bulanan netizen.

Meme Itu Apa Sih?

Meme sendiri adalah kependekan kata dari memesis yang mempunyai arti tiruan. Kemunculan meme sebagai sebuah fenomena dari gencarnya invasi media sosial di kalangan masyarakat menjadi warna baru tersendiri dalam berekspresi.

Richard Dawkins, seorang ahli biologi yang pertama kali memperkenalkan meme mengatakan bahwa produk dunia maya yang satu ini berperan sebagai suatu unit informasi budaya (pemikiran, gagasan, ide, kebiasaan, lagu, fasion) yang mampu membentuk pola-pola kebudayaan baru.

Dawkins juga menyebut meme sebagai bentuk respon paling spontan dan cerdas dari sebuah isu yang tengah hangat di masyarakat.

“Setidaknya Anda butuh gambar yang lucu dan kata-kata yang menarik. Hal itu tidak mudah, apalagi untuk membuatnya viral – tersebar luas, Anda butuh kecerdasan untuk membuatnya,” terang Dawkins.

Tak hanya tokoh nasional, beberapa tokoh internasional juga tak luput dari meme. Donald Trump, tokoh kontroversial yang kini dinobatkan menjadi Presiden Amerika Serikat ke-45 menggantikan Barack Obama menjadi tokoh yang paling sering dibuatkan meme oleh netizen di penghujung tahun ini.

Jangankan Negara, Mengontrol Rambut Saja Tidak Bisa

(sumber: istimewa)

(sumber: istimewa)

Netizen mengkritik keras pencalonan Trump sebagai Presiden. Warga dunia maya menyindir, bagaimana mungkin orang yang tidak bisa mengendalikan rambutnya mampu mengendalikan suatu negara.

Trump Jadi Presiden, Warga AS Mengungsi

(sumber: istimewa)

(sumber: istimewa)

Banyak warga Amerika yang memutuskan untuk pindah saat Donald Trump terpilih menjadi Presiden. Salah satu negara yang paling banyak dituju adalah Kanada. Kabarnya, situs imigrasi Kanada sampai error karena terlalu banyak dikunjungi oleh warga AS yang hendak mengurus kepindahan.

Politikus Indonesia Juga Ikutan

(sumber: istimewa)

(sumber: istimewa)

Politikus Partai Golongan Karya (Golkar) juga ikut terkena imbas dari popularitas Donald Trump. Fotonya pada masa kampanye pilpres Amerika kembali ramai beredar setelah Trump dinobatkan menjadi Presiden.

 

Indahnya Berargumen Lewat ‘Meme’
Komentar gratis klik di sini

Tinggalkan pesan

Pilihan

Ke atas