Nirvana
Musik

Empat Lagu yang Sukses Dirombak oleh Nirvana

Nirvana sukses membuat pendengar tertipu dengan sejumlah lagu gubahannya. Tak jarang, semua yang pernah dinyanyikan Kurt Cobain dianggap lagu Nirvana.

CELAHKOTA.COM – Kemasyhuran Nirvana di industri musik dunia pada dekade 90-an awal memang tidak diragukan lagi. Band yang digawangi oleh Kurt Cobain (gitar/vokal) Krist Novoselic (bass) dan Dave Grohl (drum) ini berhasil menggeser dominasi musik Glam Rock dan Metal yang kala itu memonopoli peta industri musik dunia.

Nomor-nomor berbahaya dari Nirvana, seperti Smells Like Teen Spirit, In Bloom, Heart Shaped Box, atau About a Girl berhasil membius anak-anak muda di seluruh dunia. Ditambah lagi dengan pesona frontman mereka, Kurt Cobain yang kala itu dijuluki sebagai wakil dari generasi yang tersisihkan.

Namun di balik kehebatan ramuan musik Nirvana yang meraung-raung dan lirik-lirik bersayap buah tangan Kurt Cobain, ternyata band yang berhasil membuat citra Grunge yang tadinya dikenal sebagai musik kumuh menjadi musik yang mendunia ini juga kerap memodifikasi lagu-lagu milik musisi lain.

Bahkan beberapa pengamat musik menilai lagu-lagu cover version Nirvana lebih baik ketimbang aslinya. Hebatnya lagi, lagu-lagu tersebut justru menjadi semakin populer setelah dibawakan oleh Kurt Cobain dan kawan-kawan.

Berikut empat lagu milik musisi lain yang sukses dimodifikasi oleh Nirvana:

The Man Who Sold The World

Sejatinya lagu ini merupakan milik David Bowie yang dirilis pada tahun 1970. Nirvana kemudian membawakan lagu ini kembali di acara MTV Live and Loud  pada tahun 1993.

Namun lagu ini mencapai puncak ketenarannya saat dibawakan oleh Kurt Cobain dan kawan-kawan di acara MTV Unplugged tahun 1994.

Tidak banyak modifikasi yang dilakukan oleh Kurt Cobain saat membawakan lagu ini, kecuali tempo lagu yang dipercepat. Untuk bagian melodi, Nirvana masih menggunakan versi aslinya.

Love Buzz

Di awal-awal karirnya, yakni di tahun 80an akhir Nirvana kerap membawakan Love Buzz di setiap penampilannya. Lagu dengan melodi awal yang khas ini juga masuk ke dalam debut album studio mereka, Bleach.

Love Buzz sendiri dirilis pada tahun 1969 dan merupakan lagu milik band Rock asal Den Hag Belanda Shocking Blue. Salah satu kejadian yang sangat diingat tentang lagu ini adalah insiden baku hantam antara Kurt Cobain dengan seorang petugas keamanan konser saat Nirvana pentas dan membawakan lagu Love Buzz.

Where did You Sleep Last Night

Lagu ini menutup penampilan fenomenal Nirvana pada acara MTV Unplugged tahun 1994. Dengan gitar akustiknya, Kurt Cobain menyanyikan lagu berdurasi 6 menit tersebut dengan penuh penghayatan.

Suara sengau Kurt Cobain kala itu sukses menghipnotis penonton yang memenuhi studio MTV di New York. Alhasil riuh tepuk tangan kemudian menutup penampilan memukau Nirvana kala itu.

Where did You Sleep Last Night sendiri merupakan lagu dari musisi kulit hitam, Huddie William Ledbetter atau lebih dikenal dengan nama Lead Belly. Nama Lead Belly sendiri tidak asing bagi para pecinta American folk dan Blues di dekade 20an.

Menariknya, ketika membawakan lagu ini Kurt Cobain mengubah lirik black girl menjadi my girl  di awal lagu demi menghindari tuduhan rasisme, mengingat Kurt Cobain sendiri berkulit putih.

Molly’s Lips

Di beberapa kesempatan Kurt Cobain mengaku sangat mengidolakan lagu milik The Vaselines ini. Dengan tempo yang dipercepat dan suara gitar yang meraung-raung khas Nirvana, lagu ini berhasil mencapai popularitasnya.

Sementara versi asli dari lagu ini sendiri dibawakan dengan tempo yang jauh lebih lambat dan dengan nuansa yang lebih riang. Nirvana kemudian memasukan Molly’s Lips ke album kompilasinya yang bertajuk Incesticide di tahun 1992.

Empat Lagu yang Sukses Dirombak oleh Nirvana
Komentar gratis klik di sini

Tinggalkan pesan

Pilihan

Ke atas